Chelsea Di Bawah Arahan Conte Makin Fasih dengan Formasi 3-4-3

0
15

pelatih-chelsea-antonio-conte-berselebrasi-usai-timnya_20161024_045840

DERBYBOLA  Chelsea bakal memberikan kesulitan tingkat tinggi kepada West Ham ketika saling berhadapan, Kamis (27/10). Skuat Chelsea kini makin fasih menjalankan formasi 3-4-3 yang diterapkan oleh Antonio Conte, pelatih mereka.

Keputusan Antonio Conte mengubah formasi Chelsea menjadi 3-4-3 terbukti jitu. Chelsea selalu meraih kemenangan dalam tiga pertandingan terakhir. Formasi ini membuat Chelsea menjadi agresif dan memiliki pertahanan solid. Dalam tiga pertandingan, The Blues telah mencetak sembilan gol dan tidak pernah kebobolan.

“Pertahanan kami lebih aman. Saat melawan Hull City dan Leicester City, saya tidak perlu membuat banyak penyelamatan, namun saat menghadapi (Manchester) United saya harus melakukannya, sejauh ini kami bertahan secara sangat baik,” kata Thibaut Courtois, penjaga gawang Chelsea, di Chelseafc.com.

Thibaut Courtois menilai formasi 3-4-3 ini memang sangat menyulitkan para lawan. Courtois pernah mengalaminya sendiri saat membela tim nasional Belgia menghadapi tim nasional Italia dan tim nasional pada Piala Eropa 2016. Ketika itu Antonio Contemelatih Italia.

“Di Piala Eropa saya menghadapi Italia dan Wales, yang sama-sama menggunakan formasi ini, dan pertandingan melawan sangat sulit,” tutur Courtois.

Formasi itu tidak akan berjalan secara baik di Chelsea jika para pemainnya tidak memiliki kepercayaan kepada Conte. Gary Cahill, bek Chelsea, mengatakan timnya sangat percaya kepada metode mantan pelatih Juventus itu. Hasilnya, kini Chelseamampu menyulitkan lawan-lawannya mencetak gol.

“Kami mampu mencegah gol dan secara alami hal itu menumbuhkan kepercayaan diri. Kami harus mempertahankan performa ini,” ujar Cahill.

Marcos Alonso, rekrutan dari Fiorentina pada bursa transfer musim panas lalu memegang peranan penting atas keberhasilan formasi 3-4-3. Alonso sudah terbiasa bermain dalam formasi itu semasa di Fiorentina.

“Sewaktu pertama kali tiba di Italia, formasi itu adalah hal baru untuk saya dan sekarang saya merasa sudah terbiasa meski sebelumnya saya selalu bermain sebagai ¬≠full-back di formasi empat bek,” tutur pemain asal Spanyol itu di Chelsefc.com.

Lini pertahanan Chelsea bakal semakin solid sewaktu menghadapi West Ham. John Terry, bek tengah sekaligus kapten tim, kemungkinan bermain sejak menit awal. Pemain 35 tahun itu sebelumnya absen selama enam pekan akibat cedera pergelangan kaki. Terry tidak bermain ketika Chelseamenghadapi Manchester United, Minggu (23/10) lalu. Mantan kapten tim nasional Inggris itu hanya jadi penghangat bangku cadangan.

Share your vote!
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0

LEAVE A REPLY