Antonio Conte Akan Tetap Gunakan Formasi 3-4-3

0
19

antonio-conte-treningbiruuuu_20161024_220312

DERBYBOLA  Antonio Conte menegaskan bahwa ia akan tetap menerapkan formasi 3-4-3 saat timnya bertandang ke markas Southampton di Stadion St Mary’s, Minggu (30/10).

Meski belum sempurna dan berjalan kurang baik, manajer Chelsea itu kukuh akan tetap memakai formasi tersebut.

Sejak dibekuk Arsenal pada pekan ke-6 dengan skor 0-3, Conte memang mengubah taktiknya dari yang biasa digunakan 4-2-3-1 menjadi 3-4-3. Taktik ini kemudian terbukti berhasil pada pertandingan pekan-pekan selanjutnya. Kemenangan demi kemenangan berhasil tim asuhan Conte.

Di pekan ke-7 Chelsea berhasil mengalahkan Hull City dengan skor 2-0. Lalu di pekan ke-8 mereka menghajar juara bertahan Leicester City dengan skor 3-0. Pekan lalu giliran Manchester United yang dipermalukan dengan skor 4-0.

Barulah di pertandingan Piala Liga Inggris, Kamis (27/10) dinihari, pasukan Antonio Conte itu takluk dengan skor 1-2 menghadapi sesama klub London Barat, West Ham United.

”Menurut saya bukan hanya menang atau kalah yang dapat mengubah ide saya atau kepercayaan pemain. Saya pikir sistem ini cara yang tepat karena cocok dengan tim. Kami telah menemukan kesimbangan yang baik, baik dari bertahan dan menyerang,” kata Conte.

The Mirror melaporkan salah satu penyebab kurang berjalannya skema permainan Conte saat melawan West Ham adalah karena belum fasihnya John Terry memainkan perannya dalam formasi tiga bek.

Selama ini Terry terbiasa bermain dalam formasi empat bek sejajar. Ketika bermain dengan skema baru, kapten Chelsea itu tampak kebingungan.

Conte sendiri mengatakan dengan atau tanpa Terry ia akan tetap menerapkan taktik yang sama. Mantan pelatih Juventus ini menolak berkomentar apakah Terry akan mendapatkan satu tempat pada laga nanti malam atau tidak.

Conte hanya menyebutkan Terry merupakan pemain penting di dalam dan luar lapangan.

”Terry adalah pemain penting kami. Terry bermain atau tidak ia masih penting bagi rekan tim, dan klub. Saya ulangi, ia sangat penting bagi tim dan tidak bicara secara individu,” kata manajer asal Italia ini.

Setelah kekalahan dari West Ham, Conte diprediksi akan kembali memainkan Cesar Azpilicueta, David Luiz dan Gary Cahill sebagai trio lini belakang. Sedangkan Terry kemungkinan akan duduk di bangku cadangan.

”Kami telah menemukan keseimbangan yang bagus, dan juga memiliki situasi ofensif yang baik. Dalam setiap pertandingan kami mencetak gol. Yang pasti kami harus terus bekerja dengan situasi ofensif, menghafal beberapa gerakan, dan juga dalam situasi defensif karena itu tidak mudah,” kata Conte.

Share your vote!
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0

LEAVE A REPLY