Sunderland vs Arsenal: Tembok Koscielny

0
24

laurent-koscielny-whyyyy_20160304_202307

DERBYBOLA  Jermain Defoe, penyerang Sunderland, harus menunjukkan permainan terbaik ketika menghadapi Arsenal pada pertandingan Premier League 2016/17 di Stadium of Light, Sabtu (29/10).

Jermain Defoe bakal menghadapi tantangan berat, menembus tembok kokoh Laurent Koscielny.

Jermain Defoe bakal sangat termotivas saat menghadapi Arsenal. Defoe bakal berusaha mengakhiri catatan buruknya setiap menghadapi The Gunners.

Nyaris 12 tahun sejak Defoe terakhir kali mencetak gol ke gawang Arsenal. Defoe terakhir kali menjebol gawang The Gunners pada November 2004 saat masih membela Tottenham Hotspur. Sekarang, pria 34 tahun itu tak pernah menjebol gawang Arsenalpada 15 pertandingan Premier League.

Defoe mengalami masa sulit itu bersama tiga klub berbeda, yaitu Portsmouth, Tottenham Hotspur, dan Sunderland. Defoe juga melalui itu di bawah tujuh pelatih berbeda. Dari 15 pertandingan tersebut, Defoe hanya menciptakan 23 tendangan yang mengarah tepat ke gawang Arsenal.

Ibarat pahlawan super Superman, Arsenal menjadi satu dari tiga Nemesis Defoe di Premier League. Defoe hanya punya koleksi dua gol ke gawang Arsenal. Dari 28 tim Premier League yang pernah dia hadapi selama 300 menit atau lebih, Arsenal berada di peringkat ketiga Nemesis Defoe. Rasio gol terburuk Defoe ke gawang Arsenal hanya bisa dikalahkan oleh rasio golnya ke gawang Bolton Wanderers dan Tottenham Hotspur.

Catatan buruk Defoe bisa berlanjut saat menghadapi Arsenalnanti. Pertahanan The Gunners sedang menunjukkan performa yang impresif dalam beberapa pekan terakhir. Skuat asuhan Arsene Wenger mencatatkan enam clean sheet dari tujuh laga terakhir di semua kompetisi.

Laurent Koscielny adalah andalan Arsenal di lini belakang. Bek asal Prancis itu selalu bermain penuh pada sembilan pertandingan terakhir di Premier League dan Liga Champions. Koscielny sukses membangun kerjasama yang solid bersama Shkodran Mustafi, rekrutan anyar dari Valencia.

“Laurent Koscielny di Arsenal. Dia bek yang sulit dihadapi,” kata Marcus Rashford, penyerang Manchester United, soal bek yang paling sulit dia hadapi seperti dikutip oleh Metro.co.uk.

Pendapat Rashford ada buktinya. Pada enam dari tujuh musim Koscielny di Arsenal, mantan pemain Lorient itu kerap menjadi yang terbaik atau nomor dua dalam urusan bertahan. Satu-satunya pengecualian hanya pada musim 2012/13 ketika sejumlah cedera membuat Koscielny hanya bisa tampil sebagai starter pada 20 pertandingan Premier League.

“Dia memiliki pengalaman, kepercayaan diri. Dia punya talenta, namun dulu dia tidak dianggap di Prancis. Dia telah menorehkan namanya di persepakbolaan Inggris. Saya pikir dia termasuk yang terbaik di dunia,” ujar Arsene Wenger dikutip Standard.co.uk.

Koscielny juga telah membuktikan statusnya sebagai peredam Defoe. Dua pemain ini pernah saling berhadapan sebanyak tiga kali ketika sama-sama menjadi starter di Premier League. Pada tiga pertandingan, Koscielny sukses membuat Defoe tak mencetak gol.

Terlepas dari catatan itu, Jermain Defoe masih menjadi andalan Sunderland untuk menjebol gawang lawan. Sejak bergabung dengan The Black Cats pada Januari 2015, Defoe termasuk satu dari hanya dua pemain yang mencetak lebih dari seperti gol tim di Premier League.

Jermain Defoe telah mencetak 23 dari 67 gol Sunderland di Premier League sejak Januari 2015. Ketajaman Defoe hanya bisa dikalahkan oleh Harry Kane. Kane mencetak 40 dari 110 gol Tottenham Hotspur di Premier League pada rentang waktu yang sama.

Share your vote!
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0

LEAVE A REPLY